Sabtu, 26 Januari 2013

Cara Kerja Sel surya



Sel surya adalah salah satu pembangkit tenaga listrik / energy, tetapi apakah kita tahu bagaimana cara ia menghasilkan tenaga listrik tersebut? Atau bagaimana cara kerja sel surya tersebut?
Setelah saya mencari – cari cara kerjanya saya mendapatkan 1 video yang menjelaskan secara sederhana bagaimana cara sel surya bekerja sehingga bisa menghasilkan energy listrik.

Video ini menjelaskan bahwa sel surya menggunakan teknologi semikonduktor yang dipakai untuk mengkonversi energi yang terdapat pada sinar matahari menjadi energy listrik untuk kehidupan sehari hari
Dalam sebuah solar sel terdapat 2 jenis semikonduktor, yang pertama adalah semikonduktor tipe R yang terdapat kelebihan 1 muatan negative pada pitanya, dan tipe kedua adalah Tipe P yang kekurangan 1 muatan negative pada pita tersebut sehingga pita tersebut menjadi bermuatan positif.
jika kedua pita tersebut disatukan maka susunan muatan akan menjadi teratur karena electron electron yang berlebih pada pita R akan mengisi lubang – lubang pada pita P agar posisi electron menjadi teratur.

dan ketika pita pita tersebut dihubungkan kedalam sirkuit dan di sinari dengan sinar matahari maka electron – electron akan memiliki cukup energy untuk melepaskan diri dari ikatannya dan mengalir melalui sirkuit yang dihubungkan melalui pita pita tersebut dan akibat dari peristiwa tersebut akan terjadi hole yang baru pada bagian bawah pita yang nantinya akan diisi oleh electron yang terdapat pada bagian atasnya dan karena bagian atas akan terbentuk hole juga yang nantinya juga akan diisi oleh electron yang melalui sirkuit tadi sebelumnya, hal tersebut akan terus terjadi secara berkesinambungan dan itulah yang nantinya akan disebut arus listrik.

untuk lebih jelasnya simaklah video dibawah ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar