Rabu, 09 Januari 2013

Pemanfaatan Sumber Daya alam ( Sumber Energi listrik melalui angin )



Memanfaatkan energi alam adalah hal yang baik dilakukan ditengah krisis energi yang semakin dekat. pemanfaatan dan pengembangan energi alternatif harus terus dilakukan untuk menjaga dunia ini agar tetap hijau dan layak untuk dihuni oleh manusia. Oleh karena itu kita harus selalu berpikir untuk terus dan terus berkembang dalam teknologi dan ideologi kita dalam mendaur ulang atau mencari sumber - sumber energi lain yang bisa kita manfaatkan.

Sumber energi yang berasal dari alam tidaklah sedikit, hanya saja kita kurang memanfaatkannya dengan baik. sebagai contoh kita dapat memanfaatkan sungai yang ada pada pedesaan untuk menopang kebutuhkan akan energi listrik pada desa tersebut, agar desa tersebut menjadi mandiri dan sekaligus menghemat energi listrik lainnya dengan cara membuat kicir air pada setiap sungai yang ada pada desa tersebut. kita juga bisa memanfaatkan angin yang berhembus setiap hari pada lingkungan kita dengan cara membuat kicir angin pada daerah yang selalu bertiup angin. lalu energi alternatif lainnya adalah energi surya yang berasal dari matahari yang selalu memancarkan sinarnya secara gratis setiap harinya, walaupun biaya yang digunakan untuk mengkonversinya menjadi energi listrik lumayan mahal tetapi pasti nanti akan ada aplikasi - aplikasi yang akan berkembang nantinya sehingga alat untuk mengkonversi energi ini akan menjadi lebih murah.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahan tentang pemanfaatan sumber energi alam untuk  angin, pemanfaatan angin adalah hal yang tidak baru bagi kita semua, tetapi masih banyak orang yang kurang mengaplikasikannya karena sedikitnya pengetahuan tentang bagaimana cara membuat alat untuk merubahnya menjadi energi.
Angin dapat kita gunakan untuk menghasilkan energi yaitu energi Listrik. Video ini menjelaskan bagaimana cara kita membuat sebuah pembangkit listrik tenaga angin sederhana yang bisa kita buat dengan menggunakan biaya yang relatif murah yaitu dengan menggunakan mainan bola anak - anak yang dibelah menjadi dua bagian dan besi sebagai tiang untuk bola tersebut lalu karet sendal sebagai penghubung tiang besi dan bola, lalu gulungan roll pita mesin ketik dan tutup botol sebagai porosnya. lalu sebagai tiang utama digunakan statip, dan dinamo DVD player sederhana untuk motor pengkorversi tenaga gerak ke listriknya.

jadi cara kerja pembangkit listrik tenaga angin sederhana ini adalah dengan menangkap angin menggunakan bola - bola cekung  untuk menggerakan baling baling tersebut lalu gaya putar yang ada dibaling-baling akan diturunkan ke dinamo sehingga terjadi gaya medan magned pada dinamo tersebut karena terdiri dari kumparan dan magnet. gaya medan magnet tersebutlah yang nantinya akan menghasilkan energi listrik yang besarnya bergantung pada kecepatan berputarnya baling - baling tersebut.

untuk lebih jelasnya silakan simak Video yang telah disediakan.
*sumber video : Youtube ( oleh Agus Pujianto )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar