Sabtu, 26 Januari 2013

Sel surya sederhana vs Baterai sederhana

Dunia ini penuh dengan hal - hal yang menarik, dan salah satunya adalah ternyata dengan barang - barang sederhana yang mudah kita dapat kita bisa menghasilkan atau membuat tenaga yang dapat menjadi penganti baterai sehari - hari.


Video ini menjelaskan bagaimana cara membuat sel surya dengan bahan yang tidak mahal dan mudah di dapat, yaitu dengan menggunakan saus tomat, alumunium foil, cairan jeruk dan juga membandingkannya dengan baterai sederhana yang dibuat menggunakan Jeruk lemon.



Ternyata kita dapat menggunakan jeruk lemon yang diberikan / ditusukkan batang tembaga dan alumunium sebagai ujung positif/negative untuk dijadikan baterai darurat.

untuk membuat sel surya sederhana, pertama rendam alumunium foil didalam air jeruk kira – kira selama 8 jam , lalu lapisi alumunium foil dengan saus tomat dan ratakan keseluruh permukaan alumunium foil lalu cek dengan multimeter di bawah sinar matahari dan akan didapatkan arus yang mengalir dan menghasilkan tegangan juga sebesar 0,6 volt. Besarnya arus dan tegangan yang dihasilkan bergantung pada intensitas cahaya matahari yang didapat.

untuk lebih jelasnya kita dapat menyimak video yang telah saya lihat dari situs youtube ini

 

1 komentar: